Bilang Indonesia Tidak Ada Masalah Politik, JK : Di Venezuela Cari Makan Aja Susah

post-feature-image

Media Pribumi - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pentingnya pemerintah dan juga lembaga lainnya seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) menjaga masalah ekonomi nasional. Sebab, masalah ekonomi dapat menjadi salah satu penyebab jatuhnya suatu negara.

“Kita bersyukur. Kita tidak ada masalah politik dan juga masalah konflik. Tapi ekonomi harus dijaga betul agar tidak jatuh. Tidak timbulkan efek sosial. Itulah lembaga ketahanan nasional. Jadi anda tidak berfikir pertahanan. Tapi ketahanan. Beda. Ketahanan adalah aspek-aspek negara. Bagaimana menjaga negara itu tidak jatuh,” jelas JK saat memberikan Kuliah Umum Peserta PPRA LIV dan PPRA LV Tahun 2016 Lemhanas di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/8).

JK mengatakan, perekonomian antar negara di dunia saling berpengaruh dan berhubungan. Kemajuan suatu negara dipengaruhi oleh negara lain. Seperti saat turunnya perekonomian di negara Cina pun kemudian akan berimbas ke kondisi perekonomian negara lainnya, tak terkecuali Indonesia.

Lebih lanjut, JK juga menyampaikan, terdapat dua hal lainnya yang menyebabkan jatuhnya suatu negara. Yakni kebijakan yang diambil serta masalah hukumnya, seperti kesalahan kebijakan yang menyebabkan masalah korupsi.

Ia kemudian mencontohkan, jatuhnya perekonomian negara Venezuela yang kaya akan sumber minyak. Menurut dia, kegagalan negara Venezuela akibat salahnya kebijakan yang diambil sebelumnya, yakni kebijakan pemerintah yang memberikan subsidi minyak yang sangat besar. Sehingga, ketika harga minyak jatuh pun berimbas pada ketahanan negara tersebut.
“Tapi apa yang terjadi di Venezuela. Cari makan saja susah. Negara yang begitu kaya jadi begitu miskin. Apa yang salah? Kebijakan yang diambil dulu.Terlalu mengobral minyaknya. Pendapatannya 95 persen dari minyak dan melupakan yang lain. Karena kena harga minyak begitu tinggi. Chaves bantu apa saja. Bantu Kuba bantu negara lain. Jual minyak lebih murah. Subsidi minyak luar biasa,” jelas JK.

Karena itu, ia menekankan jika kebijakan yang diambil salah serta banyaknya kasus korupsi yang dilakukan maka dapat menyebabkan negara hancur. Selain itu, kehancuran suatu negara juga dapat terjadi akibat sistem di negara tersebut. Seperti kehancuran negara-negara di Timur Tengah.

JK menjelaskan, negara-negara tersebut hancur karena terjadi masalah baik di internal dan juga eksternal. Kondisi tersebut diperparah dengan ikut campurnya negara-negara besar seperti Amerika Serikat. Sehingga, menyebabkan anak-anak muda di negara tersebut kehilangan harapan masa depan.

“Amerika menghancurkan negeri itu akhirnya orang tidak punya harapan, anak muda tidak punya harapan. Karena tidak punya harapan berpikirlah radikal berpikir agar pindah ke teroris,” kata dia.

Lebih lanjut, JK mengatakan, Indonesia merupakan negara yang plural dan demokratis, serta sangat moderat. Perbedaan suku, agama, dan budaya yang dimiliki Indonesia pun merupakan kekuatan yang harus dijaga.

Sumber : republika.co.id

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,188,daerahjakarta,1226,daerahpadang,42,ekonomi,401,hiburan,30,hukum,922,inspirasi,11,internasional,233,islam,398,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,23,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,738,politik,1100,selebriti,44,sosial,103,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Bilang Indonesia Tidak Ada Masalah Politik, JK : Di Venezuela Cari Makan Aja Susah
Bilang Indonesia Tidak Ada Masalah Politik, JK : Di Venezuela Cari Makan Aja Susah
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pentingnya pemerintah dan juga lembaga lainnya seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) menjaga masalah ekonomi nasional. Sebab, masalah ekonomi dapat menjadi salah satu penyebab jatuhnya suatu negara.
https://2.bp.blogspot.com/-lU7CqErejCg/V8WSmL2FVfI/AAAAAAAAeRM/4V3PQzeYQyIByXWay_8pprnnSMoooLfmwCLcB/s640/JK%2BSAKIT.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-lU7CqErejCg/V8WSmL2FVfI/AAAAAAAAeRM/4V3PQzeYQyIByXWay_8pprnnSMoooLfmwCLcB/s72-c/JK%2BSAKIT.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/08/bilang-indonesia-tidak-ada-masalah-ekonomi-politik-sosial.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/08/bilang-indonesia-tidak-ada-masalah-ekonomi-politik-sosial.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy