Ribut Interkoneksi Telkomsel Rugikan Negara Untungkan Asing, Netizen : Indosat Megawati, Telkomsel Jokowi ?



Media Pribumi - Kegaduhan yang disebabkan rencana penurunan biaya interkoneksi 26% untuk panggilan telepon lintas operator per 1 September 2016, ternyata ikut mengusik perhatian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Achsanul Qosasi, salah satu pimpinan di BPK RI, bahkan mengaku terkejut dengan keluarnya kebijakan itu. Pasalnya, kata dia, ada potensi kerugian besar untuk keuangan negara.

"Saya terus memantau kasus ini lewat pemberitaan dan dari teman-teman di Komisi I DPR. Terus terang, saya lumayan kaget," ujarnya kepada detikINET di gedung BPK, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

BPK kaget karena Telkom Group sebagai badan usaha milik negara, berpotensi mengalami kerugian yang cukup telak dalam lima tahun ke depan jika kebijakan ini dijalankan.

Mulai dari penurunan pendapatan hingga Rp 100 triliun, setoran dividen dan pajak ke pemerintah berkurang Rp 43 triliun, hingga investasi belanja modal di daerah rural berkurang Rp 12 triliun.

"Saya lumayan kaget karena hitungan saya selama ini, penerimaan terbesar Telkom itu dari Telkomsel. Dan saya lihat, interkoneksi menjadi salah satu struktur pendapatan Telkomsel selain dari pulsa," ujarnya lebih lanjut.

Polemik soal penurunan biaya interkoneksi ini mulai ramai diperdebatkan sejak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeluarkan Surat Edaran pada awal Agustus 2016 lalu.

Menteri Kominfo Rudiantara berpendapat, penurunan biaya ini dilakukan agar tarif off-net (lintas operator) bisa mendekati tarif on-net (satu jaringan operator). Harapannya, agar trafik panggilan lintas jaringan bisa tumbuh untuk semua operator.

Namun pertumbuhan itu disangsikan bisa terjadi jika penurunan biaya interkoneksi itu tidak berdampak banyak terhadap tarif retail. Karena, komponen biaya interkoneksi itu hanya 15% dari total tarif retail, atau hanya 3,7% dari total komponen tarif seperti diakui Menkominfo.

"Saya tidak dapat berandai-andai, tapi saya ingin lihat benar apa tidak penurunan ini arahnya adalah untuk betul-betul membantu rakyat. Tapi, seberapa besar sih turunnya?" kata Achsanul.

Jika kebijakan ini benar-benar diimplementasikan per 1 September 2016 nanti, BPK mengaku tak akan mengintervensi, namun akan tetap mengawasi.

"Saya simple saja, tahun depan kalau misalnya Peraturan Menteri ini dijalankan, saya akan melihat penerimaan Telkomsel ini turun atau tidak. Kalau sampai penerimaan dari Telkomsel turun karena Keputusan Menteri, kita akan periksa tahun depan," ucap Achsanul.

"Kalau penerimaan turun kemudian kita lihat dari struktur penurunannya, karena interkoneksi ini akan termasuk arahnya merugikan keuangan negara. Bagaimanapun, Telkomsel ini milik perusahaan negara, mereka bayar PNBP, deviden, bayar pajak," tegasnya.

Banyak juga netizen berpendapat bahwa ini tanda-tanda telkomsel merugi dan akan dijual ke asing seperti Indosat.



(rou/ash)

Sumber : detik.com


Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,182,daerahjakarta,1209,daerahpadang,42,ekonomi,400,hiburan,30,hukum,888,inspirasi,11,internasional,233,islam,396,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,21,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,713,politik,1094,selebriti,44,sosial,102,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Ribut Interkoneksi Telkomsel Rugikan Negara Untungkan Asing, Netizen : Indosat Megawati, Telkomsel Jokowi ?
Ribut Interkoneksi Telkomsel Rugikan Negara Untungkan Asing, Netizen : Indosat Megawati, Telkomsel Jokowi ?
Kegaduhan yang disebabkan rencana penurunan biaya interkoneksi 26% untuk panggilan telepon lintas operator per 1 September 2016, ternyata ikut mengusik perhatian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
https://1.bp.blogspot.com/-j_luFachbfM/V8WZYKT0QVI/AAAAAAAAIE8/S39pabkqj-UT6pmIjO7cmfGJY8IHo7IfACLcB/s640/simpati.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-j_luFachbfM/V8WZYKT0QVI/AAAAAAAAIE8/S39pabkqj-UT6pmIjO7cmfGJY8IHo7IfACLcB/s72-c/simpati.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/08/ribut-interkoneksi-telkomsel-rugikan-negara-untungkan-asing.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/08/ribut-interkoneksi-telkomsel-rugikan-negara-untungkan-asing.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy