Korban Gusuran di Rusun Marunda: "3 Bulan Pertama Gratis, Selanjutnya Bayar Sewa"

marunda 3

Media Pribumi - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama alias Ahok kerap memberi harapan “palsu” kepada warga Jakarta yang menjadi korban gusuran. Ahok menjanjikan kehidupan yang layak dan lebih baik, masa depan yang terjamin, dan kemudahan lainnya. Kalaupun warga harus tinggal di Marunda, itu karena keterpaksaan, tidak ada pilihan lain.
Jika sebelumnya, warga punya tempat tinggal tanpa harus membayar sewa, setelah tiga bulan tinggal di rusun marunda, warga diwajibkan bayar sewa. Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Marunda Suharyanti mengatakan, pada tiga bulan pertama, warga korban gusuran akan dibebaskan dari biaya sewa. Setelah bulan berikutnya, warga harus membawar sewa.
Suharyanti memaparkan, biaya sewa unit rusun tipe 30 di lantai satu Rp 159.000 per bulan, lantai dua Rp 151.000 per bulan, lantai tiga Rp 144.000, lantai empat Rp 136.000 per bulan, dan lantai lima Rp 128.000 per bulan.
Sementara itu, untuk tipe 36 di lantai satu, tarif sewanya Rp 184.000 per bulan, lantai dua Rp 175.000 per bulan, lantai tiga Rp 167.000 per bulan, dan lantai empat Rp 158.000 per bulan.
Suharyanti mengungkapkan, untuk menempati rusun itu, warga perlu menyiapkan beberapa dokumen yakni, KTP, KK, dan PM 1 dari pihak kelurahan. Setelah resmi menjadi penghuni rusun, mereka dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan pengelola.
Fasilitas itu di antaranya halte bus transjakarta yang terletak berdekatan dengan Rusun Marunda Cluster B. “Transjakartanya beroperasi dari pukul 05.00 WIB sampai kurang lebih pukul 21.00 WIB,” ucapnya.
Suharyanti menuturkan, pihak pengelola juga menyediakan layanan bus sekolah untuk mengantar dan menjemput anak-anak di rusun. Ada pula fasilitas klinik, koperasi, dan lembaga pendidikan usia dini (PAUD).”Warga juga dilatih dan disediakan lahan untuk bercocok tanam secara hidroponik,” tambahnya.
Namun, lahan untuk bercocok tanam itu tak hanya ada yang secara hidroponik. Di samping cluster A blok 11 yang rencananya akan dijadikan tempat hunian warga Kalijodo pun terdapat lahan bercocok tanam secara tradisional.
Warga dapat memanfaatkannya lahan itu untuk menanam sayur dan umbi seperti, kangkung, caisim, kentang, singkong, dan kembang kol. Dulu, warga Waduk Pluit menolak mentah-mentah untuk direlokasi ke Rusun Marunda, Jakarta Utara. Namun, kini, mereka sudah menikmati berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah.
Saat pertama kali tinggal di rusun, mereka menikmati berbagai fasilitas, seperti lemari es, televisi, hingga kasur. Selanjutnya, mereka juga diberi pelatihan keterampilan. Hingga yang terbaru adalah transportasi umum yang dapat mereka pergunakan sehari-hari.

Sumber : islampos.com

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,182,daerahjakarta,1211,daerahpadang,42,ekonomi,400,hiburan,30,hukum,904,inspirasi,11,internasional,233,islam,397,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,22,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,714,politik,1095,selebriti,44,sosial,102,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Korban Gusuran di Rusun Marunda: "3 Bulan Pertama Gratis, Selanjutnya Bayar Sewa"
Korban Gusuran di Rusun Marunda: "3 Bulan Pertama Gratis, Selanjutnya Bayar Sewa"
https://www.islampos.com/wp-content/uploads/2016/09/marunda-3.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/09/korban-gusuran-di-rusun-marunda-bulan.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/09/korban-gusuran-di-rusun-marunda-bulan.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy