Khawatir Ucapan Ahok Membahayakan Warga Tionghoa, Lieus Minta Jokowi Bertindak

post-feature-image

Media Pribumi - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan jajaran Muspida dan warga Kepulauan Seribu tentang Al Quraan Surah Al Maidah ayat 51 yang katanya membodohi umat Islam sangat disesalkan.

Menurut Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak) Lieus Sungkharisma, pernyataan Ahok itu bisa berdampak buruk bagi warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

"Ahok sepertinya sengaja memainkan isu Sara itu untuk memancing reaksi umat Islam agar mereka bertindak di luar batas dan melanggar hukum. Saya berharap umat Islam tidak terpancing. Anggap saja Ahok itu orang tolol yang sedang bernasib baik, itu saja," jelasnya kepada redaksi, Kamis (6/10).

Namun demikian, Lieus sangat khawatir ujaran-ujaran Ahok yang sering mengadu domba dan bermuatan Sara itu, cepat atau lambat akan berdampak pada warga keturunan Tionghoa di Indonesia.

"Bukan mustahil masyarakat yang jengkel akan bersikap pukul rata bahwa semua orang Tionghoa sama seperti Ahok. Dan kalau itu terjadi, siapa yang bisa mencegah peristiwa rasial seperti tahun 1948 di Solo atau 1965 di Medan,  tidak akan terulang lagi," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu, di depan jajaran Muspida dan warga, Ahok mengatakan bahwa Al-Qur'an surat Al Maidah ayat 51 sebagai kitab yang membodohi umat Islam.

"Kalau bapak ibu gak bisa pilih saya karena dibohongi dengan Surat Al Maidah 51, macem-macem itu. Kalau bapak ibu merasa gak milih nih karena saya takut neraka, dibodohin gitu, ya gak apa-apa," ujar Ahok.

Video pernyataan itu bahkan sengaja diunggah ke situs Youtube pada Senin (26/9) lalu, dan langsung mendapat reaksi keras netizen. Besarnya reaksi umat Islam itulah yang membuat Lieus mengkhawatirkan isu Sara yang dimainkan Ahok bisa berdampak lebih besar dari apa yang dia bayangkan.


"Bukan hanya warga Jakarta yang bereaksi tapi seluruh umat Islam di Indonesia kini bereaksi keras. Kita bisa baca itu di media sosial. Dan kalau reaksi itu berbuntut pada tindakan fisik siapa yang bisa menjamin keselamatan warga keturunan Tionghoa yang sesungguhnya tidak tau apa-apa," tanya Lieus.

Oleh karena itu, Lieus meminta Ahok untuk segera berhenti main-main dengan isu Sara dan mengeluarkan ujaran-ujaran bodoh dari mulutnya. Sebaliknya, dia juga meminta agar aparat yang berwenang segera mengambil tindakan terhadap kasus ini.

"Ahok itu sudah menimbulkan keresahan dan menistakan agama. Jangan kalau orang kecil yang ngomong langsung ditangkap tapi kalau Ahok dibiarkan saja. Sebab, setahu saya, Ahok bukan baru kali ini melontarkan pernyataan yang bermuatan Sara," beber Lieus.

Lieus juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak berdiam diri.

"Sebagai kepala negara, Presiden harus mengingatkan Ahok agar tak terus menerus melontarkan ujaran berbau Sara dan mengandung kebencian," kata Lieus.

Sebab, keadaan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan.

"Cepat atau lambat jika dibiarkan hal itu akan memicu timbulnya chaos," tegas Lieus.

Sumber ; rmol

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,185,daerahjakarta,1226,daerahpadang,42,ekonomi,401,hiburan,30,hukum,921,inspirasi,11,internasional,233,islam,398,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,22,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,735,politik,1100,selebriti,44,sosial,103,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Khawatir Ucapan Ahok Membahayakan Warga Tionghoa, Lieus Minta Jokowi Bertindak
Khawatir Ucapan Ahok Membahayakan Warga Tionghoa, Lieus Minta Jokowi Bertindak
Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di depan jajaran Muspida dan warga Kepulauan Seribu tentang Al Quraan Surah Al Maidah ayat 51 yang katanya membodohi umat Islam sangat disesalkan.
https://3.bp.blogspot.com/-vZOyG-nCvWE/V_bzKpkXywI/AAAAAAAAjPk/rrDH7EXW-m0kYJIRLZJxOoQ-960aEzd7ACLcB/s640/petissi%2Bahok.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-vZOyG-nCvWE/V_bzKpkXywI/AAAAAAAAjPk/rrDH7EXW-m0kYJIRLZJxOoQ-960aEzd7ACLcB/s72-c/petissi%2Bahok.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/10/khawatir-ucapan-ahok-membahayakan-warga.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/10/khawatir-ucapan-ahok-membahayakan-warga.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy