Ouchh.., Ini Syarat Pelaku Kekerasan Seksual Boleh Dihukum Kebiri

post-feature-image

Media Pribumi - Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah disahkan oleh DPR menjadi undang-undang (UU). Setelah diteken, pemerintah akan membuat aturan turunan untuk mekanisme pelaksanaan.

Anggota Komisi VIII dari PKS Ledia Hanifa menjelaskan ada sejumlah syarat bagi pelaku kekerasan seksual yang akan dijatuhi hukuman kebiri. Pertama pelaku yang akan dikebiri divonis hukuman pidana minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Kedua hukuman kebiri diberikan apabila jumlah korban lebih dari satu. Kemudian syarat lainnya adalah jika ulah pelaku mengakibatkan rusaknya alat kelamin korban, atau korban menderita penyakit kelamin menular serta gangguan jiwa.

"Pertama, hukuman pokoknya itu minimalnya lima tahun maksimalnya 20 tahun. Terus kalau ternyata si pelaku melakukannya lebih dari satu kali atau korbannya lebih dari satu," kata Ledia saat dihubungi merdeka.com, Kamis (13/10).

"Atau dia menyebabkan korbannya terkena penyakit menular. Atau mengakibatkan gangguan kejiwaan pada korban. Atau kerusakan alat reproduksi. Itu syaratnya bagi pelaku," sambung Ledia.

Selain itu, dalam UU tersebut juga diatur bahwa hukuman bagi pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak tidak hanya kebiri tetapi juga hukuman mati dan seumur hidup.
"Tapi bukan cuma kebiri, bisa jadi dia jatuhnya adalah hukuman mati atau seumur hidup atau kebiri," terangnya.

Hukuman kebiri menjadi produk hukum yang baru di Indonesia. Sehingga Ledia menilai penerapan syarat hukuman ini akan sulit diimplementasi. Misalnya, pelaku yang mengidap penyakit HIV maka dalam sekali melakukan aksi, korban berpotensi tertular penyakit tersebut.

Jika mengacu kepada aturan, tentu pelaku tersebut tidak bisa dijerat dengan penambahan hukuman kebiri atau diganjar hukuman mati atau seumur hidup.

"Tetapi kenapa kemarin memberikan catatan karena kalau misal gini, misal cuma satu kali tetapi menyebabkan penyakit menular, karena dia menderita HIV. HIV itu enggak bisa dideteksi cepat, HIV baru terlihat 6 bulan kemudian," jelas dia.

"Artinya dia enggak bisa dihukum mati atau seumur hidup atau dia enggak bisa dikebiri. Jadi di syarat itu ada yang sulit juga enggak bisa dipraktikkan," pungkasnya. (ma)

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,60,daerah,189,daerahjakarta,1228,daerahpadang,43,ekonomi,403,hiburan,30,hukum,949,inspirasi,11,internasional,235,islam,399,kesehatan,10,kriminal,90,militer,14,olahraga,23,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,746,politik,1104,selebriti,44,sosial,106,teknologi,3,tips,3,tokoh,8,video,115,
ltr
item
Media Pribumi: Ouchh.., Ini Syarat Pelaku Kekerasan Seksual Boleh Dihukum Kebiri
Ouchh.., Ini Syarat Pelaku Kekerasan Seksual Boleh Dihukum Kebiri
Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah disahkan oleh DPR menjadi undang-undang (UU). Setelah diteken, pemerintah akan membuat aturan turunan untuk mekanisme pelaksanaan.
https://3.bp.blogspot.com/-nPTHV8QF-fU/V_9IM9l85AI/AAAAAAAAkKA/1m4wBO0x9EscaiGI35vksAwIdbp9JTyDQCLcB/s640/kebiri.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-nPTHV8QF-fU/V_9IM9l85AI/AAAAAAAAkKA/1m4wBO0x9EscaiGI35vksAwIdbp9JTyDQCLcB/s72-c/kebiri.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/10/ouchh-ini-syarat-pelaku-kekerasan.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/10/ouchh-ini-syarat-pelaku-kekerasan.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy