Paket Reformasi Hukum Jokowi, Koruptor Bakal Jadi Penyapu Jalan dan Bersihkan WC

post-feature-image

Media Pribumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan Paket Reformasi Hukum. Satu diantara isi Paket Reformasi Hukum adalah pemberatan pidana kepada koruptor berupa sanksi sosial. Para koruptor akan diberikan sanksi sebagau penyapu jalan raya, membersihkan WC umum dan KTP bercap 'Mantan Koruptor' agar memberikan efek jera. 

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Agus Sunaryanto mendukung langkah Presiden Jokowi yang akan memberikan sanksi sosial terhadap koruptor. Alasannya, para koruptor harus dibuat malu agar memberikan efek jera. Apalagi ada kecenderungan para koruptor tidak malu bahkan ketika bebas dielu-elukan masyarakat. 

"Segala upaya dalam kerangka menekan angka korupsi harus dilakukan termasuk sanksi sosial. Tujuannya kan untuk mempermalukan koruptor agar tidak mengulang kembali. Jadi itu menjadi alternatif untuk didukung," ujar Agus kepada Harian Terbit, Senin (3/10/2016). 

Menurut Agus, koruptor yang telah merugikan masyarakat harus dipermalukan sehingga bisa memberikan efek jera. Oleh karena itu pihaknya akan memberikan dukungan penuh terkait akan diberikan hukuman pidana tambahan bagi koruptor berupa membersihkan jalanan dan WC di terminal. "Kalau diminta bersihkan WC terminal dan stasiun kan belum dicoba. Makanya harus diterapkan," tegasnya.

Agus menilai, sanksi sosial merupakan satu diantara hukuman tambahan bagi koruptor. Namun untuk menambah berat sanksi lagi maka harta para koruptor juga harus dirampas. Karena dari aksi para koruptor tersebut akan banyak kerugian yang dialami masyarakat. 
Misalnya korupsi dalam proyek pembangunan jembatan. Maka tidak hanya kerugian negara saja yang dialami tapi juga masyarakat. Karena harusnya masyarakat bisa melewati jembatan tersebut tapi karena dikorupsi dan akhirnya rubuh maka harus diperhitungkan juga kerugian yang dialami masyarakat. 

"Maka kedepan harus difikirkan juga landasan hukum untuk koruptor yang merugikan masyarakat," tegasnya. 

Sementara itu ahli hukum pidana Prof Dr Hibnu Nugroho mengatakan, sanksi sosial bagi koruptor sangat mendesak untuk diterapkan. Karena pidana pokok dan pidana tambahan kepada koruptor dinilai belum maksimal. Saat ini, koruptor hanya dikenakan pidana penjara, denda, uang pengganti, dan pencabutan hak politik.

"Hukuman sanksi sosial itu bisa diatur di Peraturan Pemerintah atau Keputusan Presiden (Keppres). Atau paling bagus di UU, masukan saja dalam RUU KUHP," papar Hibnu.

Sementara itu Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyatakan lebih efektif hukuman untuk koruptor yaitu dengan pengenaan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). "Bagus (sanksi sosial untuk koruptor), tapi yang paling efektif adalah mengambil seluruh hartanya yang berasal dari korupsi dengan penerapan UU TPPU," ucap Basaria. 


Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,182,daerahjakarta,1211,daerahpadang,42,ekonomi,400,hiburan,30,hukum,904,inspirasi,11,internasional,233,islam,397,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,22,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,714,politik,1095,selebriti,44,sosial,102,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Paket Reformasi Hukum Jokowi, Koruptor Bakal Jadi Penyapu Jalan dan Bersihkan WC
Paket Reformasi Hukum Jokowi, Koruptor Bakal Jadi Penyapu Jalan dan Bersihkan WC
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan Paket Reformasi Hukum. Satu diantara isi Paket Reformasi Hukum adalah pemberatan pidana kepada koruptor berupa sanksi sosial. Para koruptor akan diberikan sanksi sebagau penyapu jalan raya, membersihkan WC umum dan KTP bercap 'Mantan Koruptor' agar memberikan efek jera.
https://4.bp.blogspot.com/-Bn0p7vQxqoA/V_LMFzAeoPI/AAAAAAAAiuM/U0BAAvLwvn8QPr1RJohu2fqIYo-TQ6ekACLcB/s640/jokowi%2Bsapu.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-Bn0p7vQxqoA/V_LMFzAeoPI/AAAAAAAAiuM/U0BAAvLwvn8QPr1RJohu2fqIYo-TQ6ekACLcB/s72-c/jokowi%2Bsapu.jpeg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/10/paket-reformasi-hukum-jokowi-koruptor.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/10/paket-reformasi-hukum-jokowi-koruptor.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy