Tanggapi Ahok, Anies : Pernyataan Ahok yang Merujuk Pada Ayat Suci Al-Qur'an Tidak Tepat

post-feature-image

Media Pribumi - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jangan ada yang menyalahkan orang banyak yang tersinggung atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang merujuk pada ayat suci Alquran.

"Introspeksi adalah langkah yang lebih bijak dan dewasa," kata Anies melalui sebuah tanggapan yang dikirimkan kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (8/10).

Berikut ini tulisan lengkap tanggapan Anies terhadap pernyataan Gubernur Basuki atau Ahok.

Tanggapan terhadap Pernyataan Gubernur DKI

Assalamualaikum Wr Wb
Ibu, Bapak, teman-teman semua,

Hari-hari ini ketenteraman terganggu, kenyamanan terusik dan kemarahan tersulut oleh pernyataan Gubernur DKI Jakarta.

Pernyataan Gubernur DKI Jakarta dalam sebuah acara resmi pemerintah daerah dengan merujuk pada ayat suci Alquran sangatlah tidak perlu, tidak relevan dan tidak tepat. Karena itu jangan justru menyalahkan orang banyak yang merasa tersinggung, namun introspeksi diri adalah langkah yang lebih bijak dan dewasa.

Gunakan cara dan kata yang patut, serta rasa hormat bila menyebut sesuatu yang dipandang sebagai suci oleh siapa pun. Bangsa ini bhinneka, maka hormatilah kebhinnekaan itu.

Di Indonesia ini tak terhingga banyaknya orang yang berkomitmen dan bekerja untuk menjaga suasana damai dan saling menghormati. Bukan pekerjaan yang ringan. Mereka semua itu menjaga suasana negeri ini agar terbebas dari sentimen negatif terkait SARA dalam kehidupan sehari-hari.
Kamipun memiliki komitmen itu, apalagi dalam kampanye Pilkada ini. Komitmen dan ikhtiar menjaga kedamaian serta mengeratkan tenun kebangsaan itu harus bersama-sama, dan itu semua tidak bisa dikerjakan hanya oleh sebagian kita sementara ada pihak menganggap sepele, apalagi tak sensitif tentang pentingnya menghormati.

Menjaga tenun kebhinnekaan jadi berat, sulit dan rumit jika ada pihak yang terus-menerus mengancam dengan pernyataan-pernyataan tak sensitif dan tak menghormati. Ikhtiar banyak orang yang berusaha merawat kedamaian itu jadi dicederai oleh ucapan tak sensitif dan tindakan tak patut.

Dan, apabila ada pihak-pihak yang merasa perlu untuk menuntut secara hukum atas pernyataan itu, maka itu harus dipandang sebagai suatu yang wajar ditempuh dalam sebuah negara hukum seperti Indonesia. Kata dan perbuatan bisa memiliki konsekuensi hukum. Kita harus menghormatinya.

Maka sekali lagi, mari jaga komitmen menjadikan Pilkada DKI Jakarta ini sebagai pesta demokrasi dan festival gagasan yang penuh dengan kesejukan dan keceriaan. Mari kita semua menjaga keeratan tenun kebangsaan kita.

Salam,
Anies Baswedan
8 Oktober 2016

Sumber : republika

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,182,daerahjakarta,1211,daerahpadang,42,ekonomi,400,hiburan,30,hukum,904,inspirasi,11,internasional,233,islam,397,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,22,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,714,politik,1095,selebriti,44,sosial,102,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Tanggapi Ahok, Anies : Pernyataan Ahok yang Merujuk Pada Ayat Suci Al-Qur'an Tidak Tepat
Tanggapi Ahok, Anies : Pernyataan Ahok yang Merujuk Pada Ayat Suci Al-Qur'an Tidak Tepat
Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jangan ada yang menyalahkan orang banyak yang tersinggung atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang merujuk pada ayat suci Alquran.
https://4.bp.blogspot.com/-k6oBK-s9Sm0/V_kU0dYIo4I/AAAAAAAAjfw/JX3ASg8xCMc6iEYoxGR4x2VjQMOTzcfNgCLcB/s640/anies%2Bahok2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-k6oBK-s9Sm0/V_kU0dYIo4I/AAAAAAAAjfw/JX3ASg8xCMc6iEYoxGR4x2VjQMOTzcfNgCLcB/s72-c/anies%2Bahok2.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/10/tanggapi-ahok-anies-pernyataan-ahok.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/10/tanggapi-ahok-anies-pernyataan-ahok.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy