Lengserkan Akom, Kenapa Novanto Bisa Leluasa Mengatur DPR ?

post-feature-image

Media Pribumi - Undang-Undang Partai Politik (UU Parpol) mengatur hal-hal yang menyangkut tentang fungsi kepartaian seperti membuat program dan penentuan jabatan, itu diatur masing-masing parpol dalam kasus pergantian ketua DPR yang dilakukan Partai Golkar, terjadi pengangkangan terhadap AD/ART.

"Makanya AD/ART Parpol itu sebenarnya juga UU karena itu merupakan amanat dari UU Parpol. Makanya AD/ART juga harus dipatuhi sebagaimana halnya UU Parpol itu sendiri. Jadi ketika ada pelanggaran maka tentunya harus ada sanksi kepada pihak yang melanggarnya," kata pakar hukum tata negara, Asep Warlan Yusuf, Senin (28/11).

Pelanggaran aturan parpol menurut Asep ada katergorinya yaitu ringan, sedang dan berat. Tentu sanksi juga yang diberikan akan sangat tergantung pada jenis pelanggaran itu sendiri. Jika pelanggaran itu menguntungkan pihak lain di luar parpol dan justru merugikan parpol, maka sanksi terberat pun bisa dikenakan.
"Kalau untuk pelanggaran AD/ART itu biasanya minimal masuk ke pelanggaran sedang atau berat. Ini sangat tergantung pada motifnya. Kalau ada motif pengkhianatan partai misalnya lebih mementingkan kepentingan partai lain maka ini termasuk pelanggaran berat dan sanksinya bisa dipecat bukan hanya dari jabatannya tapi juga dari keanggotaan partai," tegasnya.

Asep sendiri melihat motif Setya Novanto untuk kembali menjadi ketua DPR lebih karena kepentingan politik dirinya sendiri daripada kepentingan Golkarnya. Makanya Asep menilai sudah tepat kalau dewan pembina memanggil Setya Novanto.

"Pergantian Ade Komarudin itu harus jelas alasan hukum dan politiknya. Masyarakat umum mempertanyakan kenapa Setya Novanto bisa sebegitu leluasannya mengatur-atur lembaga negara seperti DPR ini. Ini citra yang tidak bagus buat Golkar sendiri dan juga buat DPR ke depannya," katanya. (rmol)

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,60,daerah,189,daerahjakarta,1228,daerahpadang,43,ekonomi,405,hiburan,30,hukum,951,inspirasi,11,internasional,235,islam,401,kesehatan,10,kriminal,90,militer,14,olahraga,23,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,746,politik,1104,selebriti,44,sosial,107,teknologi,3,tips,3,tokoh,8,video,115,
ltr
item
Media Pribumi: Lengserkan Akom, Kenapa Novanto Bisa Leluasa Mengatur DPR ?
Lengserkan Akom, Kenapa Novanto Bisa Leluasa Mengatur DPR ?
Undang-Undang Partai Politik (UU Parpol) mengatur hal-hal yang menyangkut tentang fungsi kepartaian seperti membuat program dan penentuan jabatan, itu diatur masing-masing parpol dalam kasus pergantian ketua DPR yang dilakukan Partai Golkar, terjadi pengangkangan terhadap AD/ART.
https://2.bp.blogspot.com/-_uJoRozbdmA/WDu1Aipz3HI/AAAAAAAAqjU/cLd5ABkFna88Wr37zYGqXJSWdcRlP0ZTQCLcB/s640/novt.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_uJoRozbdmA/WDu1Aipz3HI/AAAAAAAAqjU/cLd5ABkFna88Wr37zYGqXJSWdcRlP0ZTQCLcB/s72-c/novt.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/11/lengserkan-akom-kenapa-novanto-bisa.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/11/lengserkan-akom-kenapa-novanto-bisa.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy