Terungkap WNA Cina Bikin Paspor di Serang, Punya KK dan Akta Lahir Pandeglang

post-feature-image

Media Pribumi - Terbongkarnya kasus pembuatan paspor Indonesia oleh warga negara asing (WNA) bernama Wang Fuqiang (27) asal Tiongkok mengakibatkan dipanggilnya pejabat Imigrasi Kelas I Serang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman.

“Betul, Kakanim (Kepala Kantor Imigrasi) Serang dan Wasdakim sudah saya panggil. Kami meminta klarifikasi dari pejabat ini dan memerintahkan untuk mengusut tuntas kasus ini,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Ajub Suratman kepada wartawan, Kamis (24/11/2016).

Informasi yang dihimpun, dua pejabat yang dipanggil tersebut yakni Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Montano dan Kasi Pengawasan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Muhammad Reza. Pemeriksaan kedua pejabat tersebut terkait dugaan adanya oknum petugas di Kantor Imigrasi Serang yang ikut membantu warga Tiongkok dalam proses pembuatan paspor Indonesia.

Oknum tersebut dikabarkan telah mendapatkan uang sebesar Rp10 juta dari Wang Fuqiang dari yang dijanjikan sebesar Rp20 juta. Oknum yang bertugas pada bagian kasir ini diketahui bertugas mendampingi pelaku mulai dari pendaftaran namun pada saat wawancara aksi pelaku berhasil diketahui.
Menurut Ajub, sebagai negara yang berdaulat pihaknya akan melakukan langkah-langkah hukum sesuai dengan undang-undang keimigrasian. Selain itu, pihaknya juga dapat mendeportasi Wang Fuqiang alias Ryan Wong WNA yang berusaha mendapatkan paspor Indonesia secara ilegal tersebut.

“Jadi harus ditekankan kalau WNA (Ryan Wong) ini belum kita berikan Paspor. Nanti kita tindak, untuk langkah sesuai aturan. Kalau tidak menguntungkan buat negara kita yah kita bisa deportasi dan dia (Ryan Wong, red) tidak dapat kembali ke Indonesia, sekarang masih kita tahan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) untuk menjalani pemeriksaan lanjutan,” katanya.

Terkait informasi adanya oknum petugas Imigrasi yang turut mendampingi Wang Fuqiang, Ajub tak menampiknya, meski demikian informasi ini masih didalami oleh tim penyidik sipil Kantor Imigrasi Serang.

“Apakah benar ada oknum seperti itu? Kalau benar tentu akan ditindak. Saya sudah perintahkan Kakanim untuk mendalami dan menyelidiki keterlibatan Oknum Imigrasi. Kalau ada, harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. [bantennews]


Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,59,daerah,188,daerahjakarta,1226,daerahpadang,42,ekonomi,401,hiburan,30,hukum,922,inspirasi,11,internasional,233,islam,398,kesehatan,10,kriminal,89,militer,14,olahraga,23,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,17,peristiwa,738,politik,1100,selebriti,44,sosial,103,teknologi,3,tips,3,tokoh,7,video,114,
ltr
item
Media Pribumi: Terungkap WNA Cina Bikin Paspor di Serang, Punya KK dan Akta Lahir Pandeglang
Terungkap WNA Cina Bikin Paspor di Serang, Punya KK dan Akta Lahir Pandeglang
Terbongkarnya kasus pembuatan paspor Indonesia oleh warga negara asing (WNA) bernama Wang Fuqiang (27) asal Tiongkok mengakibatkan dipanggilnya pejabat Imigrasi Kelas I Serang oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman.
https://4.bp.blogspot.com/-Az4WglyXyqA/WDhlKfwV_fI/AAAAAAAAqRc/P4GfrvKVSgkDVj-eQp6FR_LFgb1XhIkOACLcB/s640/wna%2Bpaspor.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Az4WglyXyqA/WDhlKfwV_fI/AAAAAAAAqRc/P4GfrvKVSgkDVj-eQp6FR_LFgb1XhIkOACLcB/s72-c/wna%2Bpaspor.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2016/11/terungkap-wna-cina-bikin-paspor-di.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2016/11/terungkap-wna-cina-bikin-paspor-di.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy