Aliansi Umat Islam Kalbar Minta Pelaku Pengusiran Wasekjen MUI Ditangkap

post-feature-image

mediapribumi.com - Ribuan umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat, mendatangi Mapolda Kalbar pada Jumat (13/1). Hal tersebut terkait aksi penolakan sekelompok orang terhadap kehadiran Wakil Sekjen MUI Teuku Zulkarnain di Bandara Susilo Sintang, Kamis (12/1) pagi.

"Kedatangan Wasekjend MUI ke Sintang atas undangan resmi Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Ustaz Athaillah saat menyampaikan orasinya di Mapolda Kalbar.

Ustaz Athaillah menjelaskan, kedatangan mereka ke Mapolda Kalbar untuk menyampaikan sikap dan mendesak Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Musyafak agar menangkap pelaku pengusiran dan kekerasan terhadap KH Teuku Zulkarnain yang akan melaksanakan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW, di Sintang.

"Karena pelaku tersebut telah melanggar Undang-undang pidana tentang pengancaman dengan menggunakan senjata tajam," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mendesak kapolda Kalbar untuk memproses Kapolres Sintang karena terkesan melakukan pembiaran terhadap aksi tersebut, serta mendesak PT Angkasapura II untuk memproses Kepala Bandara Susilo Sintang yang telah membiarkan sekelompok orang yang masuk ke dalam objek vital bandara dengan membawa senjata tajam.

"Kami juga mendesak legislatif dan eksekutif untuk melakukan pengawasan terhadap kelompok-kelompok yang melakukan intoleransi dan mengganggu keamanan beribadah umat Islam," ujarnya.

Ustaz Athaillah juga mengingatkan, kepada Rakyat Indonesia khususnya masyarakat Kalbar hendaknya saling menjaga keutuhan NKRI. "Kami berharap tuntutan yang disampaikan tersebut ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Apabila tidak ditindaklanjuti, kami akan melakukan aksi serupa lagi," katanya.

Sementara itu, di tempat terpisah sejumlah komponen di Kabupaten Sintang, Kalbar telah mengadakan pertemuan terkait aksi penolakan sekelompok orang terhadap kehadiran Wakil Sekjen MUI Teuku Zulkarnain di Bandara Susilo Sintang, Kamis (12/1) pagi. Wakil Bupati Sintang Askiman menuturkan bahwa kejadian di bandara tersebut merupakan gerakan spontanitas dan bukan terencana.

"Ini terjadi akibat adanya kesalahpahaman informasi yang didapat oleh kelompok tertentu, sehingga menimbulkan pemikiran yang kurang mengenakan," katanya.
Sebelumnya, pada Kamis (12/1) sekitar pukul 09.00 WIB, telah terjadwal pelantikan Ketua DAD Kabupaten Sintang. Dalam pelaksanaannya, semua panitia dan pengurus menunggu kedatangan Gubernur Kalbar Cornelis, sebagai Ketua Majelis Adat Dayak Nasional. Kemudian sejumlah panitia melakukan penjemputan ke Bandara Susilo Sintang.

"Ternyata sampai di bandara baru diketahui bahwa gubernur tidak jadi datang, karena ada kegiatan kedinasan lain," katanya.

Sesampai di bandara, lanjut Askiman, mereka mendapatkan informasi ada Sekjen FPI yang datang ke Kota Sintang. Sehingga mereka secara spontan mengumpulkan massa untuk melakukan penolakan. Mereka meyakini bahwa Zulkarnain adalah Sekjen FPI.

Karena itu, secara spontan mereka masuk dari terminal kedatangan bandara, langsung mendekati pintu pesawat, dan berorasi menolak kedatangan Zulkarnain, yang akan mengikuti tablig akbar di Kota Sintang, Sekadau, Sanggau serta Melawi. Penolakan tersebut membuat Zulkarnain tidak bisa turun dari pesawat dan kembali ke Pontianak, membatalkan kegiatannya.

Karena itu, kata Askiman, setelah dilakukan pertemuan dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), para tokoh FKUB pun sepakat mengeluarkan pernyataan sikap bersama yang lahir tanpa paksaan. (republika)







COMMENTS

Nama

bencana,4,bisnis,65,daerah,260,daerahjakarta,1474,daerahpadang,52,ekonomi,579,hiburan,41,hukum,1865,inspirasi,20,internasional,285,islam,582,kesehatan,11,kriminal,128,militer,18,olahraga,30,opini,16,pahlawan,5,pendidikan,24,peristiwa,860,politik,1439,selebriti,66,sosial,135,teknologi,5,tips,3,tokoh,12,video,192,
ltr
item
Media Pribumi: Aliansi Umat Islam Kalbar Minta Pelaku Pengusiran Wasekjen MUI Ditangkap
Aliansi Umat Islam Kalbar Minta Pelaku Pengusiran Wasekjen MUI Ditangkap
Ribuan umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat, mendatangi Mapolda Kalbar pada Jumat (13/1). Hal tersebut terkait aksi penolakan sekelompok orang terhadap kehadiran Wakil Sekjen MUI Teuku Zulkarnain di Bandara Susilo Sintang, Kamis (12/1) pagi.
https://2.bp.blogspot.com/-aDqqlmwkW0s/WHitg2ms02I/AAAAAAAAxxo/sA-30zx-kjo3__FxyB-4BbABkxPJDq3WwCK4B/s640/5877383ce6611-wasekjend-mui-tengku-zulkarnain_663_382.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aDqqlmwkW0s/WHitg2ms02I/AAAAAAAAxxo/sA-30zx-kjo3__FxyB-4BbABkxPJDq3WwCK4B/s72-c/5877383ce6611-wasekjend-mui-tengku-zulkarnain_663_382.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2017/01/aliansi-umat-islam-kalbar-minta-pelaku.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2017/01/aliansi-umat-islam-kalbar-minta-pelaku.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy