Dibully Sebarkan Hoax, Merdeka Klarifikasi Berita Jokowi Terbaik se Asia Australia

post-feature-image

mediapribumi.com - Beberapa hari yang lalu media tanah air diramaikan dengan beredarnya berita Jokowi jadi pemimpin terbaik Asia-Australia versi Bloomberg, seakan paduan suara semua media besar tanah air membuat headline yang hampir sama disemua berita mereka. Salah satu media yang memberitakan dengan haeadline yang sama adalah merdeka.com dengan menulisakan headline Jokowi jadi pemimpin terbaik Asia-Australia versi Bloomberg, merdeka.com, Sabtu, (31/2/2016).

Link:
https://www.merdeka.com/dunia/jokowi-jadi-pemimpin-terbaik-asia-australia-versi-bloomberg.html

Merdeka.com mengartikan pemberitaan yang dimuat oleh bloomberg sebagai satu-satunya neagra yang memiliki performa postif "Berdasarkan data Bloomberg tersebut, Jokowi satu-satunya pemimpin negara yang memiliki performa positif. Aspek yang dinilai Bloomberg, yaitu menaikkan kekuatan nilai tukar (2,41 persen), menjaga pertumbuhan ekonomi tetap positif (5,02 persen skala tahun ke tahun), dan memiliki tingkat penerimaan publik yang tinggi (69 persen)"

Tak dapat dipungkiri hampir semua media yang memberitakan adalah media-media yang pro terhadap Jokowi dan Ahok, termasuk merdeka.com, sehingga berita-berita yang dimuatpun terkesan sekali selalu mendukung ke dua orang tersebut. salah satunya adalah berita yang dirilis Bloomberg ini diframing dengan tujuan untuk mengangkat pencitraan Jokowi.

Netizen pun mulai berpikir keritis dengan melihat langsung ke berita yang dirilis oleh bloomberg, dan jelas sekali terdapat perbedaan yang sangat jauh antara yang diberitakan oleh media lokal dengan sumber aslinya. pada sumber aslinya bloomberg tidak satupun menyebutkan bahwa jokowi adalah pemimpin terbaik. justru judul yang diangkat adalah “Who’s Had the Worst Year?”. Dalam bahasa kita sehari-hari artinya adalah: Siapakah yang mengalami tahun terburuk kali ini? Judul ini diperkuat dengan anak kalimat “How Asian Leaders Fared in 2016” yang berarti “Gambaran nasib para pemimpin Asia tahun 2016”. Pula, pada bagian kickers (kaki judul) editor Bloomberg mencantumkan: “And some of the headaches they face in 2017”, alias: “Dan sejumlah ‘sakit kepala’ yang dihadapi tahun 2017”. Sehingga media-media yang mengatakan Jokowi pemimpin terbaik se Asia Australia dibully habis-habisan oleh netizen. berikut kami cantumkan beberapa pernyataan netizen yang sudah sangat viral.

Melalui twitter netizen mencari tahu tentang kebenaran ini dengan bertanya langsung pada akun twitter wartawan milik Bloomberg penulis artikel "Who's Had the Worst Year? How Asian Leaders Fared in 2016". Akun tweeter dengan nama Dwi Nugroho melampirkan sebuah artikel pada akun David dan bertanya: David, apakah anda pernah mengatakan Joko Widodo adalah pemimpin terbaik di Asia 2016? Beredar rumor tentang hal itu di Indonesia. Akun twitter David merespons dengan jawaban singkat : Tidak pernah. Dwi Nugroho kembali membalas dengan mengatakan : Ok terimakasih, Ini sudah menjelaskan semuanya. Silahkan baca selengkapnya: Konfirmasi Bloomberg : Kami Tak pernah Menyebut Jokowi Terbaik

Setelah ramai dibully oleh netizen akhirnya merdeka.com melakukan klarifikasi melalui postingannya berjudul Klarifikasi wartawan Bloomberg soal Jokowi pemimpin terbaik se-Asia, Selasa, (3/1/2017).

Link:
https://www.merdeka.com/dunia/klarifikasi-wartawan-bloomberg-soal-jokowi-pemimpin-terbaik-se-asia.html

Belajar dari kesalahan yang telah dibuat oleh merdeka.com dan semua media lain yang juga telah melakukan framing tersebut, media bersikap jujur dan bebas dari kepentingan politik penguasa, sehingga memebritakan apa adanya tanapa dipengaruhi oleh opini yang hendak dibangun, apa lagi media besar sekelas merdeka.com, kompas, detik, viva dll. Media hendaknya Tidak memaksakan kehendak demi menyenangkan mereka yang bayar, kasihan rakyat yang tidak tau apa-apa lalu dirusak dengan pemeberitaan buruk yang tak berbasis fakta. [dakwahmedia]

Baca juga :









COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,61,daerah,211,daerahjakarta,1297,daerahpadang,46,ekonomi,475,hiburan,33,hukum,1266,inspirasi,14,internasional,260,islam,461,kesehatan,10,kriminal,104,militer,16,olahraga,28,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,18,peristiwa,814,politik,1191,selebriti,47,sosial,115,teknologi,3,tips,3,tokoh,9,video,139,
ltr
item
Media Pribumi: Dibully Sebarkan Hoax, Merdeka Klarifikasi Berita Jokowi Terbaik se Asia Australia
Dibully Sebarkan Hoax, Merdeka Klarifikasi Berita Jokowi Terbaik se Asia Australia
Beberapa hari yang lalu media tanah air diramaikan dengan beredarnya berita Jokowi jadi pemimpin terbaik Asia-Australia versi Bloomberg, seakan paduan suara semua media besar tanah air membuat headline yang hampir sama disemua berita mereka. Salah satu media yang memberitakan dengan haeadline yang sama adalah merdeka.com dengan menulisakan headline Jokowi jadi pemimpin terbaik Asia-Australia versi Bloomberg, merdeka.com, Sabtu, (31/2/2016).
https://1.bp.blogspot.com/-L7mDH-Q09J0/WGuubK50T2I/AAAAAAAAWPk/2gSCBRh7pKoCgTJ7oRuIS4aY6BLt4m6RwCLcB/s640/merdeka.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-L7mDH-Q09J0/WGuubK50T2I/AAAAAAAAWPk/2gSCBRh7pKoCgTJ7oRuIS4aY6BLt4m6RwCLcB/s72-c/merdeka.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2017/01/dibully-sebarkan-hoax-merdeka.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2017/01/dibully-sebarkan-hoax-merdeka.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy