Pakar Hukum UI Nilai Aparat Terlalu Berlebihan di Merah Putih Bertuliskan Arab

post-feature-image

mediapribumi.com - Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) Ganjar L Bondan soroti kasus pengibaran bendera Merah-Putih bertuliskan Arab sat demo FPI di Mabes Polri. Dirinya mempertanyakan tindakan yang dilakukan pelaku apakah termasuk tindakan pelecehan atau tidak.

"Kalau ditulis-tulis dengan maksud melecehkan, masak dia bawa-bawa, dia kibarin? Yang ada dia injek-injek. Tidak semua benda yang atasnya merah bawahnya putih itu bendera," ujar Ganjar, Minggu (22/1/2017).

Dirinya menyebut tidak semua objek berwarna merah dan putih itu adalah bendera. Ganjar menyebut ada undang-undang yang mengatur tentang bendera yang masuk dalam klasifikasi lambang negara.
"Kalau kita bicara mengenai kejahatan terhadap bendera, harus lihat dulu. Harus paham dulu apa itu bendera. Yang utama, di UU No 24 Tahun 2009 Pasal 4, itu disebutkan apa itu bendera," ucapnya.

Ganjar mengatakan bahwa bendera memiliki rasio lebar yang memiliki ukuran 2/3 (dua-pertiga) dari panjang. Serta terdapat beberapa ukuran untuk setiap kegiatan.
Terkait dengan objek yang dibawa oleh pelaku pengibaran bendera Merah-Putih bertuliskan Arab, Ganjar menyebut tidak ditemukan maksud melecehkan dari kegiatan itu. Dia pun menyayangkan penahanan yang dilakukan polisi terhadap Fahmi.

"Ditahan menurut saya berlebihan. Di kasus itu, menurut saya, itu bendera, bendera itu ada lafaz Arab ya. Apa iya menuliskan lafaz Arab itu di bendera merah putih niatnya untuk melecehkan, merendahkan, menghina bendera kebangsaan? Menurut saya tidak," tuturnya.

"Jadi dalam kasus itu, menurut saya, tidak ada tindak pidananya. Karena tidak ada tindak pidananya, nggak ada yang bisa jadi tersangka, nggak ada yang harus ditahan," Ganjar menyimpulkan.(jitunews)







COMMENTS

Nama

bencana,3,bisnis,64,daerah,213,daerahjakarta,1331,daerahpadang,48,ekonomi,485,hiburan,33,hukum,1307,inspirasi,14,internasional,263,islam,483,kesehatan,11,kriminal,107,militer,16,olahraga,28,opini,15,pahlawan,5,pendidikan,20,peristiwa,832,politik,1226,selebriti,54,sosial,116,teknologi,3,tips,3,tokoh,10,video,144,
ltr
item
Media Pribumi: Pakar Hukum UI Nilai Aparat Terlalu Berlebihan di Merah Putih Bertuliskan Arab
Pakar Hukum UI Nilai Aparat Terlalu Berlebihan di Merah Putih Bertuliskan Arab
Pakar hukum pidana Universitas Indonesia (UI) Ganjar L Bondan soroti kasus pengibaran bendera Merah-Putih bertuliskan Arab sat demo FPI di Mabes Polri. Dirinya mempertanyakan tindakan yang dilakukan pelaku apakah termasuk tindakan pelecehan atau tidak.
https://4.bp.blogspot.com/-RQHDd3CNsZs/WIX3zKitTNI/AAAAAAAAyl4/HhROTPWNBwQcFAzKN_K1qw-hsUTIjjRkACLcB/s640/pembawa%2Bbendera.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-RQHDd3CNsZs/WIX3zKitTNI/AAAAAAAAyl4/HhROTPWNBwQcFAzKN_K1qw-hsUTIjjRkACLcB/s72-c/pembawa%2Bbendera.JPG
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2017/01/pakar-hukum-ui-nilai-aparat-terlalu.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2017/01/pakar-hukum-ui-nilai-aparat-terlalu.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy