Ketimpangan Ekonomi, BPS Akui Harta 4 Orang Terkaya RI Setara 100 Juta Penduduk Miskin

BPS Akui Harta Empat Orang Kaya RI Setara 100 Juta Penduduk Miskin

mediapribumi.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mengaku sependapat dengan lembaga pembangunan nirlaba asal Inggris, yakni Oxfam yang menyatakan bahwa kondisi ketimpangan di Indonesia semakin terlihat. Terlebih dengan kenyataan bahwa empat orang terkaya di Indonesia memiliki kekayaan setara dengan 100 juta penduduk termiskin di Tanah Air.

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan, data yang digunakan BPS dan Oxfam untuk mengukur ketimpangan di Indonesia memang berbeda. BPS selama ini menggunakan angka gini rasio yang diukur menurut pengeluaran guna mengukur ketimpangan di Tanah Air. "BPS setiap tahun menghitung ketimpangan melalui gini rasio. Angka terakhir (gini rasio) 0,39," katanya di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Meskipun tolak ukur yang digunakan berbeda, namun kata dia, fenomena yang ditemukan tetap sama dimana ketimpangan di Indonesia masih sangat lebar. Di antaranya terlihat dari ketimpangan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak serta ketimpangan mengakses permodalan. "Ketimpangan masih jadi PR besar dan kedepan perlu dilakukan berbagai langkah untuk menurunkan ketimpangan," imbuh dia.

Menurutnya, saat ini pemerintah tengah membuat strategi untuk mengatasi ketimpangan, seperti melalui redistribusi aset guna memperkuat akses masyarakat terhadap permodalan. "Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, pendidikan vokasi untuk sektor tertentu seperti pariwisata. jadi meskipun datanya berbeda (antara BPS dan Oxfam), tapi kesimpulan sama bahwa ketimpangan masih jadi PR besar untuk Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, kesenjangan ekonomi yang semakin melebar di Indonesia mendapatkan peringatan dari Lembaga pembangunan nirlaba asal Inggris yakni Oxfam, lantaran bisa merusak perekonomian nasional. Kondisi kesenjangan ekonomi RI semakin terlihat ketika empat orang terkaya di Indonesia memiliki kekayaan setara dengan 100 juta penduduk termiskin di Tanah Air.

Lebarnya kesenjangan ekonomi Indonesia menjadi sorotan Oxfam, yang dijuluki sebagai salah satu negara paling tidak seimbang di dunia. Dimana jumlah miliuner di Indonesia telah meningkat dari hanya satu orang pada tahun 2002 menjadi 20 pada 2016. "Sejak tahun 2000, pertumbuhan ekonomi telah diambil dari Indonesia," begitu tulis Oxfam dalam laporannya.

"Namun, manfaat dari pertumbuhan ekonomi tersebut belum di bagi rata, dan jutaan telah dibiarkan hidup di bawah garis kemiskinan terutama perempuan," sambung laporan itu seperti dikutip dari The Guardian.  (sindonews)







COMMENTS

Nama

bencana,4,bisnis,65,daerah,260,daerahjakarta,1474,daerahpadang,52,ekonomi,579,hiburan,41,hukum,1865,inspirasi,20,internasional,285,islam,582,kesehatan,11,kriminal,128,militer,18,olahraga,30,opini,16,pahlawan,5,pendidikan,24,peristiwa,860,politik,1439,selebriti,66,sosial,135,teknologi,5,tips,3,tokoh,12,video,192,
ltr
item
Media Pribumi: Ketimpangan Ekonomi, BPS Akui Harta 4 Orang Terkaya RI Setara 100 Juta Penduduk Miskin
Ketimpangan Ekonomi, BPS Akui Harta 4 Orang Terkaya RI Setara 100 Juta Penduduk Miskin
Badan Pusat Statistik (BPS) mengaku sependapat dengan lembaga pembangunan nirlaba asal Inggris, yakni Oxfam yang menyatakan bahwa kondisi ketimpangan di Indonesia semakin terlihat. Terlebih dengan kenyataan bahwa empat orang terkaya di Indonesia memiliki kekayaan setara dengan 100 juta penduduk termiskin di Tanah Air.
https://1.bp.blogspot.com/-KxIDN0Dki8M/WLaOZyFVZ4I/AAAAAAAA4fQ/ycyVcd1W3ckJJZi__77V8gjh0podPVIJwCK4B/s640/bps-akui-harta-empat-orang-kaya-ri-setara-100-juta-penduduk-miskin-KuE.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KxIDN0Dki8M/WLaOZyFVZ4I/AAAAAAAA4fQ/ycyVcd1W3ckJJZi__77V8gjh0podPVIJwCK4B/s72-c/bps-akui-harta-empat-orang-kaya-ri-setara-100-juta-penduduk-miskin-KuE.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2017/03/ketimpangan-ekonomi-bps-akui-harta-4.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2017/03/ketimpangan-ekonomi-bps-akui-harta-4.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy