Tito Sebut Referendum Oknum Minahasa Merdeka Bukan Makar, Kok Bisa ?

Bukan Makar, Tito Sebut Referendum Minahasa Merdeka Hanya Sikap Spontan

Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan vonis dua tahun penjara, sekelompok orang dari Minahasa,Sulawesi Utara menyatakan akan memisahkan diri dari NKRI. Bahkan, bendera Minahasa Raya telah dikibarkan disana.

Menanggapi hal itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa ia akan mengedepankan pendekatan secara bijak dalam kasus ini. Hal itu lantaran Tito menduga, tuntutan referendum Minahasa merdeka hanya sebuah sikap spontan saja.

"Nggak boleh. Deklarasi nggak boleh. Kita akan lakukan tindakan persuasif dulu pada saudara-saudara di sana," ujar Tito usai mengisi kuliah umum bertema "Peran dan Fungsi Polri Dalam Mengawal Serta Menjaga Keutuhan NKRI" di sela Muktamar ke-XIX PMII di Asrama Haji Kota Palu, Senin (15/05) malam Wita, sebagaimana dikutip dari Republika.co.id.

"Ini kan negara NKRI, harus kita pertahankan. Kita lakukan langkah-langkaj persuasif kepada saudara-saudara kita untuk mengimbau, mungkin mereka hanya reaksi spontan saja, emosional," ujarnya.

Menurut Tito, hendaknya setiap masyarakat bersama-sama menjaga keutuhan negara Indonesia. Karena itu, ia tidak ingin konflik antarmasyarakat terjadi di Indonesia.
"Saya mengimbau masalah primordialisme kesukuan, keagamaan, kekerasan tidak perlu dipermasalahkan lagi. Karena para pemimpin pendiri bangsa kita dari 1928 sampai 1945 sudah menepikan, meminggirkan perbedaan itu jadi bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan bangsa," kata Tito.

Meski begitu, Tito berjanji untuk menindak mereka yang benar-benar ingin memisahkan diri dari NKRI. "Kami akan lakukan langkah-langkah tegas," kata Tito.

Di sisi lain, Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) La Ode Ida menyatakan, ada diskriminasi sikap Kapolri dalam hal ini. Ia mencontohkan bahwa dalam kasus Ustadz Al Khaththath mengapa kepolisian terang-terangan menyebut bahwa mereka yang akan melakukan aksi adalah pelaku makar. Sedangkan di Minahasa, orang-orang yang dengan jelas mengibarkan bendera Minahasa Merdeka tidak disebut sebagai makar.

"Ada sikap diskriminatif kepolisian saya lihat, hal ini akan sangat bertolak belakang ketika yang menyuarakan aspirasi adalah Ummat islam, maka akan disebut sebagai makar," ungkapnya pada Kiblat.net, Selasa (16/05). [kiblat]







COMMENTS

Nama

bencana,4,bisnis,65,daerah,260,daerahjakarta,1474,daerahpadang,52,ekonomi,579,hiburan,41,hukum,1865,inspirasi,20,internasional,285,islam,582,kesehatan,11,kriminal,128,militer,18,olahraga,30,opini,16,pahlawan,5,pendidikan,24,peristiwa,860,politik,1439,selebriti,66,sosial,135,teknologi,5,tips,3,tokoh,12,video,192,
ltr
item
Media Pribumi: Tito Sebut Referendum Oknum Minahasa Merdeka Bukan Makar, Kok Bisa ?
Tito Sebut Referendum Oknum Minahasa Merdeka Bukan Makar, Kok Bisa ?
Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan vonis dua tahun penjara, sekelompok orang dari Minahasa,Sulawesi Utara menyatakan akan memisahkan diri dari NKRI. Bahkan, bendera Minahasa Raya telah dikibarkan disana.
https://2.bp.blogspot.com/-ic-2lmkKVBc/WRuyWy6RIHI/AAAAAAAAQoE/RJrVK2pdE0sQ6zhJRqQGRDT-TV2ovFbaQCLcB/s1600/kapolri-tito-karnavian_20161118_154258-33jxu7p3o7pec07f0wcdmy.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ic-2lmkKVBc/WRuyWy6RIHI/AAAAAAAAQoE/RJrVK2pdE0sQ6zhJRqQGRDT-TV2ovFbaQCLcB/s72-c/kapolri-tito-karnavian_20161118_154258-33jxu7p3o7pec07f0wcdmy.jpg
Media Pribumi
http://www.mediapribumi.com/2017/05/tito-sebut-referendum-oknum-minahasa.html
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/
http://www.mediapribumi.com/2017/05/tito-sebut-referendum-oknum-minahasa.html
true
38148814961745276
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Baca Lebih Lanjut Reply Cancel reply Hapus Oleh Home PAGES Berita View All Berita Terkait LABEL Kumpulan Berita SEARCH Seluruh Berita Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy